header ads

Konsep Dasar Internet dan Aplikasi Website


Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking. Internet adalah jaringan komputer global yang menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lain yang ada di seluruh dunia dengan menggunakan standart Internet Protocol Suite (TCP/IP). TCP/ IP memiliki teknik mengidentifikasi dengan menggunakan penomoran yang dinamakan Internet Protocol Address (IP Address). Persaingan bisnis tidak bisa dielakan,jalan yang bisa ditempuh untuk mengimbangi persaingan tersebut adalah dengan strategi pemasaran yang tepat salah satunya dengan website,jasa pembuatan website jakarta bisa membantu perusahaan dalam pembuatan website sebagai alat pemarasan atau media promosi untuk menghadapi persaingan bisnis.Nomor yang ada tersebut dapat terhubung dengan komputer lain dalam sebuah jaringan atau dalam jaringan lokal (Nugroho, 2004). Dengan adanya internet komputer-komputer yang saling terhubung tersebut dapat saling bertukar data dan informasi tanpa terkendala oleh jarak.



WWW merupakan singkatan World Wide Web sering disebut dengan web. Menurut Syafrizal (2005), web adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser.Jaman semakin maju persaingan bisnis juga semakin ketat,maka dari itu diperlyukan strategi pemasaran dan promosi yang tepat strategi itu salah satunya menggunakan website,jasa pembuatan website jakarta bisa membantu para pengusa atau perusahaan dalam pembuatan website. Dengan demikian seseorang dapat menciptakan puluhan bahkan ratusan aplikasi yang berjalan di bawah web (under web). Teknik pembuatan website dapat dilakukan dengan beberapa macam pemrograman maupun non pemrograman. Salah satu penerapan ICT dan internet dalam bidang bisnis dan perdagangan adalah electronic commerce (e-commerce).


E-commerce dapat didefinisikan sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), epemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange/EDI), promosi produk, dan lain-lain. Manfaat dan keuntungan menggunakan ecommerce adalah media promosi dalam rangka untuk meningkatkan volume penjualan, baik untuk penjualan online maupun konvensional (Supardi, 2009). Di samping keuntungan tersebut, ternyata hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan e-commerce dalam mendongkrak peningkatan volume penjualan dan mempromosikan produk-produk industri cukup tinggi (Alexander, 2002; Supardi, 2009).

Posting Komentar

0 Komentar