header ads

Keberadaan UMKM Mewarnai Kehidupan Sektor Ekonomi di Indonesia


Keberadaan UMKM di Kabupaten Kudus sangat mewarnai dinamika kehidupan sektor ekonomi. Desa Padurenan yang terletak di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus merupakan sentral industri konfeksi dan bordir yang terkenal di Kabupaten Kudus.Kemajuan teknologi semakin pesat seperti halnya webisite,setiap orang atau perusahaan membutuhkan website untuk memperkenalkan bisnisnya denan jasa pembuatan website jakarta pusat bisa memudahkan perusahaan untuk pembuatan website. Setidaknya terdapat sekitar 160 UMKM pengerajin bordir dan konfeksi yang berkembang di Desa Padurenan dan mampu menyerap sekitar 1500 tenaga kerja. Sebagian besar hasil produk dipasarkan di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan daerah lain.

Meskipun IT semakin maju, namun masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan kecanggihan IT melalui aplikasi e-commerce dan masih belum optimal dalam memanfaatkan TI.dari suatu bisnis bisa diukur dengan semenarik apa sebuah website yang dimiliki perusahaan tersebut,jasa pembuatan website jakarta pusat bisa membantu para pembisnis dalam pembuatan website untuk perusahaannya. Dengan banyaknya faktor yang menyebabkan kurangnya pemanfaatan IT berdampak pada lemahnya daya saing dan ketertinggalan dengan perusahaan-perusahaan besar yang sudah memanfaatkan IT dengan menggunakan bisnis online (e-commerce) sebagai alat pemasaran yang efektif dan efisien (Tan, Tyler, & Manica, 2007).




Seiring dengan persaingan bisnis yang semakin tinggi dan minimnya pemanfaatan e-commerce dalam pengembangan bisnis UMKM, maka pengkajian mendalam mengenai peningkatan daya saing UMKM menjadi suatu hal yang penting. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui persepsi para pengusaha UMKM terhadap pemanfaatan teknologi informasi e-commerce, menganalisis faktor pendorong dan penghambat pemanfaatan teknologi informasi ecommerce, dan untuk mengetahui dampak pemanfaatan e-commerce terhadap peningkatan daya saing UMKM di Desa Padurenan Kudus.

Posting Komentar

0 Komentar