header ads

Sistem Akuntansi Pada UKM



Banyak usaha yang berkembang di Indonesia terutama usaha-usaha kecil dalam hal ini adalah unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Produk-produk yang dihasilkan pun bervariasi. Jika dicermati banyak produk yang apabila dikembangkan dapat memiliki nilai tinggi dan dapat bersaing dengan produk-produk asing. Namun disayangkan, pelaku UKM di Indonesia belum memperhatikan pentingnya pengetahuan akuntansi dan tidak menggunakan informasi akuntansi dalam menjalankan bisnisnya. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi akuntansi akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda.Berdasarkan data banyaknya desa/kelurahan menurut keberadaan dan jenis industri kecil dan mikro 2014 khususnya Yogyakarta pada sektor industri dari kulit berjumlah 116. UKM yang cukup berkembang sangat pesat adalah UKM kerajinan dengan bahan kulit yang terdapat di Bantul Yogyakarta. Kawasan yang cukup terkenal akan hasil kerajinan berbahan dasar kulit tersebut adalah di kawasan Manding dan Pucung.

Banyaknya desa/kelurahan menurut keberadaan dan jenis industri kecil dan mikro 2014 pada sektor industri dari kulit di Yogyakarta dapat ditingkatkan kembali. Perlu adanya perbaikan pengelolaan agar dari data yang berjumlah 116 dapat meningkat. Salah satunya adalah dengan pemahaman akan pentingnya informasi akuntansi pada para pelaku usaha/UKM. Pinasti (2007) menyatakan, penggunaan informasi akuntansi didorong oleh adanya persepsi yang baik dari pihak manajemen perusahaan. Oleh karena itu, untuk dapat mendorong pengusaha kecil menggunakan informasi akuntansi perlu dimulai dari persepsi pengusaha kecil tersebut terhadap informasi akuntansi.

Laporan keuangan merupakan suatu alat gambar kondisi usaha (kemajuan atau kemunduran), pengambil keputusan yang akurat dan tepat waktu serta pertanggungjawaban pada manajemen serta yang terpenting secara mendasar adalah pemahaman makna laba atau rugi yang diperoleh dari hasil usahanya. Oleh karena itu, laporan keuangan sangat berguna untuk menilai kinerja usaha dan dapat membantu dalam menghadapi permasalahan dalam menjalankan usaha khususnya UKM.

Nicholls dan Holmes (1988) dalam Wahyudi (2009) mengemukakan bahwa informasi akuntansi sangat bermanfaat bagi UKM, karena merupakan alat yang digunakan oleh pengguna informasi untuk pengambilan keputusan. Informasi akuntansi dapat digunakan untuk mengukur dan mengkomunikasikan informasi keuangan perusahaan yang sangat diperlukan oleh pihak manajemen dalam merumuskan berbagai keputusan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Pengambilan keputusan menjadi salah satu faktor yang penting untuk keberhasilan suatu usaha.

Harga pokok produksi dalam industri merupakan bagian terbesar dari biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Jika informasi biaya untuk pekerjaan atau proses tersedia dengan cepat, maka manajemen mempunyai dasar yang kuat untuk merencanakan kegiatannya (Rachmayanti, 2011). Pelaku usaha juga tidak luput dari penentuan harga jual. Penentuan harga jual adalah salah satu faktor penting dalam keberlangsungan dan keberhasilan suatu usaha. Megginson et al.dikutip dalam Pinasti, menyatakan bahwa informasi akuntansi mempunyai peran penting untuk mencapai keberhasilan usaha, termasuk bagi usaha kecil. Pelaku UKM memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pencatatan akuntansi yang baik. Hal ini terdapat dalam Undang-Undang Usaha Kecil dan Menengah Nomor 9 Tahun 1995.

Posting Komentar

0 Komentar