header ads

Pemasaran Sosial Media

a. Definisi Media Sosial
Media sosial menurut Kaplan and Haenlein (2009:61) merupakan sekelompok aplikasi yang berbasiskan pada internet dan dibangun berdasarkan kerangka pikiran ideologi dan teknologi dari platform Web 2.0, medium ini dapat menghubungkan individu dengan individu untuk sharing dan berkumpul secara online.Bagi anda yang mempunyai bisnis online dan tidak ada waktu untuk mengelola media sosial bisnia anda melalui jasa pengelola media sosial bisa memudahkan anda.



b. Definisi Pemasaran
Pemasaran menurut Rangkuti (2002:4) merupakan suatu proses planning dan implementation dari konsep, harga, promosi, dan distribusi sehingga dapat terciptanya pertukaran suatu barang dalam rangka memuaskan kebutuhan pelanggan dan organisasi secara bersamaan.

c. Definisi Pemasaran Media Sosial
Pemasaran media sosial menurut Salvatore (2005:129) adalah sebuah media pemasaran yang dilakukan secara online dengan keterlibatan masyarakat di dalamnya untuk membentuk sebuah pasar di dunia maya.

Karakteristik Media Sosial
Mayfield (2008) dalam Chan-Olmsted, Cho, and Lee (2013:154) mengidentifikasikan lima karakteristik utama dari media sosial:

a. Participation, suatu tindakan yang berorientasikan pada keterlibatan pengguna dalam menggunakan media sosial, dapat berupa frekuensi kunjungan dan lama penggunaan. Untuk memudahkan mengelola medsos perusahaan atau bisnis anda,bisa menggunakan jasa pengelola media sosial.

b. Opennes, kondisi saat media sosial tidak memiliki hambatan untuk mengakses informasi, membagikan konten dan membuat testimoni di website tertentu.

c. Conversation, percakapan yang terjadi di dalam media sosial dapat menyebar secara cepat seperti layaknya virus sehingga informasi yang diberikan dapat menyebar secara cepat dan luas.

d. Community, media sosial menawarkan sebuah mekanisme bagi individu atau organisasi untuk membentuk komunitas yang memiliki kesamaan minat.

e. Connectedness, informasi dalam media sosial berkarakteristik viral, kondisi ini memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk terhubung.

Bentuk Media Sosial
Kaplan and Haenlein (2010:62-64) mengidentifikasi bentuk media sosial sebagai berikut:

a. Collaborative Projects
b. Blog and Microblogs
c. Content Communities
d. Social Networking Sites
e. Virtual Game Worlds
f. Virtual Social Worlds

Posting Komentar

0 Komentar