header ads

Karakteristik Organisasi Nirlaba

Menurut Sri Sari Wanti & Martina Estrely (2009) organisasi nirlaba atau organisasi non profit adalah suatu organisasi yang memiliki tujuan utama untuk mendukung suatu isu atau perihal menarik perhatian publik untuk tujuan yang tidak bersifat komersil tanpa ada tujuan untuk mencari laba atau keuntungan. Saat ini sebagian organisasi non profit sudah mengandalkan jasa social media marketing untuk menjaungkau calon anggota organisasi.

Menurut Mohammad Mahsun (2011) organisasi nirlaba adalah organisasi yang tidak bertujuan untuk mendapatkan atau memupuk keuntungan. Ciri-ciri atau karakteristik organisasi nirlaba:

1. Sumber daya entitas berasal dari para penyumbang yang tidak mengharapkan pembayaran kembali atau manfaat ekonomi yang sebanding dengan sejumlah sumber daya yang diberikan.

2. Menghasilkan barang dan jasa tanpa adanya tujuan khusus untuk mengumpulkan ataupun memupuk laba, jika entitas menghasilkan laba maka jumlahnya tidak akan dibagikan atau diberikan kepada para pendiri atau pemilik entitas tersebut.

3. Status kepemilikan tidak seperti kepemilikan pada organisasi bisnis bahwa kepemilikan organisasi nirlaba ini tidak dapat dijual, dialihkan, ditebus kembali ataupun kepemilikan tersebut tidak mencerminkan pembagian sumber daya entitas pada saat likuidasi atau pembubaran entitas.

Organisasi nirlaba dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu organisai pemerintahan dan nirlaba non pemerintahan. Contoh organisasi nirlaba non pemerintah seperti Organisasi Politik dan Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi Yayasan, Organisasi Pendidikan dan Kesehatan (puskesmas, rumah sakit, dan sekolah), Organisasi Tempat Peribadatan (masjid, vihara, kuil). Beberapa organisasi berkolaborasi dengan para pemasar, khususnya yang menawarkan jasa social media marketing untuk memperluas jangkauan.

Posting Komentar

0 Komentar