header ads

Pertumbuhan Media Sosial dan Jumlah Penggunanya



Media sosial tumbuh pesat sejalan dengan perkembangan serta kemudahan akses data yang didukung oleh kekuatan teknologi komunikasi.   Media sosial mempunyai pengguna aktif sebesar 79 juta. Indonesia ialah salah satu negeri teraktif di media sosial. Begitu banyakna pengguna media sosial, kini jasa social media marketing juga mulai berkembang untuk ikut andil dalam kemajuan social media.


Pola penyebaran pesan yang cenderung leluasa mempunyai iktikad supaya lekas dikenal publik jadi tujuan dari para pengguna media sosial, hingga tidak jadi perkara apakah data yang disebarkan itu akurat cocok prinsip pemberitaan yang baik serta benar.   Kecepatan pesan tanpa sumber yang bisa dipercaya serta cocok kenyataan cenderung berakibat kurang baik terhadap dinamika kehidupan politik bernegara. 


Pew Research Center memaparkan dalam penelitiannya tentang Media Baru di Amerika Serikat bahwasanya konsumsi berita online meningkat tajam.  Responden pada tahun 2011-2012 memperoleh berita secara online mencapai 50%, sedikit lebih kecil dari televisi, tapi jauh melebihi surat kabar yang hanya mencapai 29 % dan radio sekitar 33%.

Responden mendapatkan berita dan informasi dari media dan jejaring sosial seperti blog, mikroblog (twitter) dan Facebook sejumlah 19%, sedangkan 8% lainnya mendengarkan podcast untuk mengakses berita dan informasi. Adanya social media juga menjadi salah satu alat pemasaran baru yang saat ini banyak digunakan salah satunya oleh jasa social media marketing. Media sosial di Indonesia memiliki kecenderungan pemberitaan politik melalui akun individu, kelompok, maupun pihak-pihak yang tidak dapat dipertanggungjawabkan sebagai sumber informasi yang layak. 

Posting Komentar

0 Komentar